Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DI PENDIDIKAN SEJARAH SEMASA COVID 19 (KASUS DI PRODI PENDIDIKAN SEJARAH) - CD Skripsi
ABSTRAK
v
Ika Nur Fadilah. 2022. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DI
PENDIDIKAN SEJARAH SEMASA COVID 19 (KASUS DI PRODI
PENDIDIKAN SEJARAH). Semarang. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2022.
Hadirnya pandemi Covid 19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil
kebijakan karantina mandiri dimana seluruh kegiatan sehari-hari, dari kegiatan
ekonomi hingga pendidikan dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini
dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran pandemi semakin meluas. Tetapi, hal
tersebut tidak boleh menghalangi proses pendidikan yang harus terus berlangsung.
Maka dari itu, sistem pembelajaran online dinilai menjadi alternatif lain untuk
pendidikan Indonesia dengan adanya bantuan dari media pembelajaran online,
seperti Zoom, Whatsapp, Google Classroom, dan Google Meet.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu; (1) bagaimana pelaksanaan
pembelajaran online di Prodi Pendidikan Sejarah, (2) bagaimana pelaksanaan
kurikulum yang berlaku di Prodi Pendidikan Sejarah, (3) bagaimana pengaruh
media pembelajaran online terhadap pemahaman mahasiswa Pendidikan Sejarah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Data didapat melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan kepada 9 mahasiswa Pendidikan Sejarah dari semester 2 hingga
semester 8. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis hingga dapat ditarik
kesimpulannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan
media terhadap pemahaman mahasiswa selama pembelajaran online berlangsung.
Saat pembelajaran online sedang berlangsung, terdapat kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Salah satu kekurangannya seperti kendala sinyal dan kurangnya
motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan untuk kelebihannya sendiri adalah
fleksibel dalam jadwal perkuliahan. Meski demikian, pelaksanaan kurikulum
sudah dijalankan dengan baik, terbukti dengan adanya program pertukaran
mahasiswa. Dengan hadirnya media pembelajara online di tengah pandemi ini
dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi yang diajarkan, meski
kurang efektif dan maksimal seperti saat pembelajaran tatap muka namun dinilai
cukup untuk mengcover materi yang diajarkan oleh dosen. Media pembelajaran
online yang menjadi favorit mahasiswa Pendidikan Sejarah adalah Google Meet,
karena terdapat fitur video conference yang tetap bisa melihat wajah dosen dan
mahasiswa meski dalam keadaan berjauhan dan juga dosen dapat menjelaskan
materinya secara langsung karena dosen dapat membagikan power point yang
dapat dilihat dan dibaca juga oleh mahasiswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran Online, Pandemi Covid 19, Pembelajaran
Daring.
006/SEJ/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain