Text
Skripsi : PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI SISWA KELAS XI MA AL-MA’RUF CANDISARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK - CD Skripsi
ABSTRAK
M. ALI SUKRON,(2022). “PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER
RELIGIPADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI SISWA KELAS XI
MA AL-MA’RUF CANDISARI MRANGGEN DEMAK”.Semarang.
Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet.
2022
Nilai-nilai karakter religi dapat menjadi salah satu strategi untuk
meningkatkan karakter siswa seperti yang dilakukan oleh kepala Ma Al-Ma’ruf
Candisari Mranggen Demak yang memberlakukan kebiasaan yang tidak semua
Sma dan Smk sederajat menerapkannya,yaitu dengan memberlakukan kebiasaankebiasaan yang sarat akan nilai-nilai religious, seperti: (1)tadarus Al Qur’an
sebelum memulai pelajaran (2)salat duha (3)salat zuhur berjama’ah, dan
(4)mengadakan hafalan surat-surat pilihan dalam Al Qur’an dan lain sebagainya.
Kebiasaan-kebiasaan ini diharapkan akan membawa siswa membentuk moralitas
dan religiusnya yang tinggi.Penanaman nilai-nilai karakter religi sangat
diperlukan karena banyaknya sikap perilaku (karakter) tidak baik di kalangan
siswa. Hal ini dapat dilihat dari lunturnya nilai-nilai kejujuran siswa dengan
menjadikan kegiatan mencontek dan membolos saat pembelajaran sedang
berlangsunng sebagai kebiasaan yang sering dilakukan di Ma Al-Ma’ruf Candisari
Mranggen Demak. Adanya tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk
mengetahuipenanaman karakter Religi pada mata pelajaran sejarahsiswakelas XI
Ma Al-Ma’ruf Candisari Mranggen. (2) Untuk mengetahui implikasi penanaman
karakter Religi pada mata pelajaran sejarahbagi siswakelas XI Ma Al-Ma’ruf
Candisari Mranggen. (3) Untuk mengetahui kendaladan hambatan dalam
menanamkan karakter Religi pada mata pelajaran sejarah bagi siswa kelas XI Ma
Al-Ma’ruf Candisari Mranggen. (4) Untuk mengetahui upaya dalam penanaman
karakter Religipada mata pelajaran sejarah bagi siswa kelas XI Ma Al-Ma’ruf
Candisari Mranggen.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tipe deskriptif, dimana data yang
dikumpulkan dengan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian ini meliputi: Kepala sekolah, waka Kesiswaan, guru dan Siswa.
Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai
karakter religi pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI Ma Al-Ma’ruf
meliputi:(1)Penanaman karakter religi sejarah siswa. (2) Implikasi penanaman
karakter Religi. (3) Kendala Peran penting pembelajaran sejarah. (4) Penanaman
nilai karakter religi pada mata pelajaran sejarah. Dimana dari hasil disimpulkan
bahwa penanaman nilai karakter religi sejarah dapat dilihat dari penanaman nilai
karakter religi sejarah siswa dalam pembiasaan di sekolah dalam kegiatan belajar
mengajar di sekolah, maka siswa menjadi pribadi yang lebih baik yang diharapkan
oleh guru, orang tua dan menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Kata Kunci:.Nilai Karakter, Religi, Sejarah
007/SEJ/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Sejarah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain