Text
Tugas Akhir : SYSTEM KERJA RAMP DOOR NAIK TURUN MENGGUNAKAN LIMIT SECARA ELEKTRIK DENGAN PNEUMATIK - CD Tugas Akhir
ABSTRAK
Ramp Door (Pintu Rampa) adalah pintu untuk memasukkan kendaraan kedalam
kapal Ro-Ro (Roll On Roll Off) ataupun jenis lain yang menyangkut kendaraan.
Penggunaan Ramp Door sangat dibutuhkan untuk mempermudah proses
membongkar dan memuat kendaraan dari dermaga penyebrangan ke kapal dan
sebaliknya.Dalam pembuatan System Kerja Ramp Door Naik Turun
Menggunakan Limit Secara Elektrik Dengan Pneumatik disini ada beberapa
tahapan seperti pembuatan rangka sampai finishing dan pemasangan komponen
pneumatik sampai pemasangan komponen elektrik yang dibutuhkan.prinsip kerja
alat ini adalah ketika MCB ( Miniature Circuit Breaker ) di hidupkan maka
tegagan akan masuk di power suplay,ketika push button turun ditekan maka
selenoid Y1 yang awalnya NO ( normally open ) akan menjadi NC ( normally
close) lalu pintu Ramp Door akan bergerak turun sampai terhubung dengan
dermaga .dan ketika push button naik di tekan maka maka selenoid Y2 yang
awalnya NO ( normally open ) menjadi NC ( normally close ) maka pintu Ramp
Door akan bergerak naik ketika pintu Ramp Door menyentuh limit switch maka
pintu Ramp Door akan berhenti dan Y2 tidak bisa di hidupkan dikarnakan limit
switch yang awalnya NC ( normally close ) menjadi NO ( normally open ).
Macam macam Troble Shooting Ketika tegangan, Kebocoran angin diantara
komponen pneumatik, Selenoid Y1 dan Y2 tidak bekerja dikarenakan koil NO
dan NC rusak, Konsleting listrik.
Keyword :Ramp Door,Pneumatik,
005/TKK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Teknik Kelistrikan Kapal) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain