Text
Skripsi : PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM TERPADU AL-MADANIYAH SAMUDA - CD Skripsi
ABSTRAK Rasyid Arridho, NPM A1118110037. Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Islam Terpadu Al-Madaniyah Samuda. Skripsi. PPKN. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang, 2022. 50 halaman. Pendidikan sebagai proses transformasi pengetahuan melibatkan banyak sekali aspek atau komponen yaang ada didalamnya untuk mendukung kegiatan pendidikan tersebut. Namun pendidikan sekarang ini yang dianggap masih terlalu mengedepankan pengetahuan kognitif, nyatanya tidak mampu atau gagal mengatasi perkembangan moral siswanya. Ini dibuktikan dengan maraknya pemberitahuan tentang kenakalan-kenakalan remaja. Dari itu maka kini mulai dilaksanakan pendidikan dengan berbasis karakter (Saleh, 2016) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan Karakter Siswa di SMP IT Al-Madaniyah Samuda. Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakam suatu strategi dan teknik penelitian yang digunakan untuk memahami masyarakat dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya fakta mendalam. Data yang didapat disajikan kedalam bentuk verbal, bukan dalam bentuk nilai. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan pendidikaan karakter yang juga masih banyak kendala menjadikan pelaksanaan pendidikan karakter menjadi pekerjaan bersama, bukan hanya guru kelas yang melaksanakan, akan tetapi semua elemen pendidikan termasuk pemerintah. Karena kurangnya sosialisasi dan pelatihan tentang pendidikan karakter menjadi kurang maksimal. Karena kurang pahamnya guru tentang melaksanakan penddikan karakter tentunya akan berdampak pada hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan karakter siswa di SMP IT Al-Madaniyah Samuda juga sudah baik. Hanya saja masih terdapat kekurangan yang ada pada pelaksanaan pembinaan karakter yaitu masih minimnya pengetahuan dari guru mengenai metode yang bisa digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Untuk itu guru tidak hanya menggunakan satu metode saja ketika melaksanakan pendidikan karakter. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter
020/PPKN/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain