Text
Skripsi : PROSES PEMBELAJARAN MENANAMKAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DI SMP IT-ADA MAGELANG - CD Skripsi
ABSTRAK
MUHAMAD IRWAN, A1118110028, ‘’Proses pembelajaran Menanamkan
Nilai-nilai Antikorupsi di SMP IT –ADA KRINCING MAGELANG,’’ Skripsi
,Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ,Fakultas Pendidikan Ilmu
pengetahuan Sosial ,UNIVET Semarang ,2022
Secara sederhana korupsi diartikan busuk ,suap ,atau dengan kata lain
menyelewengkan uang /barang milik perusahan atau Negara .Hampir dalam setiap
hari dalam beberapa tahun terakhir , korupsi selalu menghiasi berbagai surat kabar
di Indonesia .sala satu disekolah yg menanamkan aspek moral yang]sesuai dengan
nilai pancasila adalah pendidikan kewarganegaraan .pendidikan kewarganegaraan
merupakan mata pelajaran yang mengfokuskan pada pembentukan warga Negara
yang memahami dan mampu melaksanakan Hak-hak dan kewajiban untuk
menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas,terampil,dan berkarakter ,yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Salah satu nilai moral yang
ditanamkan melalui mata pelajaran PKn adalah nilai antikorupsi.secara praktis
penanaman Nilai-nilai antikorupsi dalam pendidikan kewarganegaraan pada siswa
bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku anti korupsi. Harapannya sebagai
anggota masyarakat ,siswa mampu menentukan nilai-nilai moral yang menjadi
pegangan dalam memilih nilai yang sesuai dengan norma yang telah ada yang
mencerminkan nilai anti korupsi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Strategi Pembelajaran apakah
yang digunakan oleh Guru dalam menanamkan Nilai-nilai Antikorupsi pada
siswa, (2) Faktor-faktor pendukung apa sajakah yang Membantu Guru dalam
menanamkan Nilai –nilai Antikorupsi di SMP IT-ADA Magelang , Tujuan dari
Penelitian ini ,(1) Ingin mengetahui strategi Pembelajaran apa yang digunakan
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan Nilainilai Antikorupsi pada Siswa , (2) Ingin mengetahui Faktor-faktor pendukung
yang membatu Guru dalam Menanamkan nilai-nilai Antikorupsi di SMP IT-ADA
Magelang.
x
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan
metode pengumpulan data dengan pengamatan (observasion), metode
wawancara/interview, serta dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa
strategi yang dilakukan Guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan
nilai nilai Antikorupsi di SMP IT-ADA Magelang adalah, (1) strategi sosial
dengan menggunakan metode pembelajaran koomperatif StudentTeams
Achievement Division (STAD) Yaitu Guru memberikan pengarahan secara
klasikal tentang bahaya korupsi ,kemudian Guru menyuruh Siswa diskusi
memecahkan masalah , (2) Strategi System prilaku, dasar pemikiran strategi ini
ialah adalah system yang mengoreksi sendiri,yang memodifikasi dalam perilaku
hubungannya dengan bagaimana tugas-tugas bias dijalankan dengan sebaikbaiknya Faktor yang mendukung Guru pendidikan kewarganegaraan dalam
menanamkan Nilai-nilai Antikorupsi yaitu:
Media pembelajaran yang menarik seperti media gambar dengan
menggunakan LCD ,kliping ,film,dan lain sebagainya . adanya materi Antikorupsi
dalam PKn ,model penilaian guru menggunakan penilaian yang bersifat kognitif
,efektif ,dan psikomotrik .
Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) pengarahan nilai-nilai
antikorupsi sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh guru ,akan tetapi pihak sekolah
juga mengundang pihak luar seperti KPK (komisi pemberantasan korupsi) atau
POLRI (2) upaya penanaman nilai-nilai antikorupsi hendaknya dilakukan oleh
semua mata pelajaran di semua jenjang kelas ,tidak hanya dala mata pelajaran
PKn kelas VII (Tujuh) saja yang membuat materi tentang korupsi ,dengan
keikutsertaan semua guru ,maka upaya penanaman nilai- nilai antikorupsi dapat
berjalan dengan efektif ,(3) upaya penanaman nilai-nilai antikorupsi dalam
pembelajaran hendaknya dilakukan secara menarik dan kreaktif sehingga dapat
menarik minat siswa untuk Nmemahami makna korupsi ,bahaya dan upaya
pencegahan tindak pidana korupsi ,sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai
antikorupsi dalam kehidupan sehari –hari ,misalkan menggunakan LCD, Kliping,
film, dan lain sebaginya.
022/PPKN/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan PPKN) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain