Text
Skripsi : PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE FORMULIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REPRODUKSI VEGETATIF BUATAN KELAS IX MTs. SALAFIYAH BANDUNGHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
M. Sholahuddin (NPM : C3518120001). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek
Menggunakan Media Google Formulir Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada
Materi Reproduksi Vegetatif Buatan Kelas IX MTs. Salafiyah Bandungharjo
Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas Ivet. 78 halaman
Metode dan media pembelajaran adalah salah satu penunjang
meningkatnya hasil belajar peserta didik utamanya pada pembelajaran Daring di
masa Pandemic Covid-19. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan
pelajaran yang membutuhkan metode dan media yang efektif dimana tidak hanya
teori yang di sampaikan akan tetapi praktik dan eksperimen di lakukan oleh
peserta didik. Menurut Yuliana (2020) salah satu metode pembelajaran yang
efektif dalam pebelajaran IPA adalah pembelajran berbasis proyek dimana peserta
didik dituntut untuk mengamati, membaca, meneliti kemudian diminta untuk
membuat laporan dalam bentuk makalah atau produk. Dan untuk menunjang
tercapainya hasil belajar yang memuaskan dalam pembelajaran daring hadir
media Google formular yang dapat membantu siswa dalam mebuat laporan dari
proyek yang dikerjakannya. Wibawanto (2020) menjelaskan bahwa google form
merupakan aplikasi google bebas bayar yang fungsi utamanya untuk membuat
formulir baik untuk pengumpulan informasi maupun kuis secara online. Hal ini
sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran daring.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahuin pengaruh
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Google Formulir
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reproduksi Vegetatif
Buatan Kelas IX MTs. Salafiyah Bandungharjo Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitif degan metode studi
korelasi dengan jumlah responden 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesoner dan tes. Adapaun metode
analisis data yang digunakan menggunakan kaidah analisis korelasi.
v
vi
Dari hasil uji regresi linier menunjukkan Fhitung sebesar 5,505 dan lebih
besar dari Ftabel (4,13) maka Ha di terima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek menggunakan media
google formulir terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reproduksi
vegetatif buatan kelas IX MTs. Salafiyah Bandungharjo tahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, Media Google Formulir, Hasil Belajar
003/IPA/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain