Text
Skripsi : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA TERPADU BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA GERAK - CD Skripsi
ABSTRAK
Irfan, Ade. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Tema Gerak.
Skripsi. Program studi Pendidikan IPA. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas Ivet Semarang. 49 halaman.
Pembelajaran IPA harus memberikan pengalaman belajar bagi siswa
melalui proses. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran IPA yang
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Blora, diperoleh informasi bahwa guru kurang
mengajarkan siswa di dalam proses berpikir dan menemukan pengetahuannya
sendiri melalui proses sains menggunakan LKPD. Selain itu, LKPD yang
digunakan dalam pembelajaran belum berperan maksimal dalam melatih siswa
melakukan penyelidikan dan proses sains.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis
keterampilan proses sains yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA pada
tema gerak. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan
desain LKPD, proses validasi dosen ahli, meliputi ahli desain–media, ahli materi,
tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap LKPD. Uji coba produk yang
dikembangkan telah dilaksanakan di SMP N 2 Blora.
Hasil validasi kelayakan LKPD melalui angket oleh ahli media mendapat
skor 49, dengan kategori Cukup. Hasil validasi kelayakan LKPD dari ahli materi
mencapai skor 52, dengan kategori Baik. Hasil angket tanggapan positif yang
diperoleh dari guru terhadap LKPD berbasis keterampilan proses sains skor 52,5,
dengan kategori Sangat Baik. Hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 53,8,
dengan kategori Sangat Baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains layak digunakan dalam
pembelajaran IPA pada tema gerak.
Kata Kunci : LKPD, Keterampilan Proses Sains, Tema Gerak
004/IPA/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain