Text
Skripsi : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ETHNO-STEM BERBASIS GAMELAN JAWA -CD Skripsi
Ethno-STEM ini dapat membantu peserta didik untuk
mempelajari konsep pembelajaran yang tepat. Tujuan dari
penelitian ini yakni utuk mendesain,mengembangkan, dan
menguji kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis EthnoSTEM STEM untuk peserta didik kelas VIII yang layak untuk
digunakan. Modul adalah bahan ajar cetak yang digunakan
peserta didik untuk belajar. Modul juga bertujuan untuk
membuat siswa dapat belajar engan mandiri, dan dapat dipelajari
dimana saja dan kapan saja tanpa harus ada alat pendukung.
Modul Penelitian pengembangan ini mengacu pada pada model
pengembangan perangkat 4-D (Four-D)Thiagarajan dengan
tahapan define, design ,develop ,dan disseminate. Sampel pada
penelitian ini merpakan 12 peserta didik kelas VIII SMP Institut
Indonesia pada tahun 2021-2022. Instrumen penelitian ini yang
digunakan adalah lembar validasi ahli materi pembelajaran, ahli
media pembelajaran, lembar validasi praktisi dan Angket peserta
didik. Kelayakan modul ditinjau dari hasil analisis data yaitu:
hasil validassi modul pembelajaran berbasis Ethno-STEM dari
validator pembelajaran IPA yang terdiri dari dua dosen ahli
materi materi mendapatkan nilai secara keseluruhan sebesar
3,09 dengan kriteria baik dan hasil validasi ahli media
pembelajaran terdiri dari 2 dosen ahli media mendapatkan nilai
secara keseluruhan 3,60 dengan kriteria sangat baik dan hasil
validasi praktisi terdiri dari dua orang pendidik IPA SMP
mendaptkan nilai keseluruhan 3,88 dengan kriteria sangat baik
dan tanggapan peserta didik menunjukan persentase skor sebesar
94,8% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, modul
pembelajaran berbasis Ethno-STEM layak untuk digunakan
dalam pembelajaran IPA di SMP kelas VIII
005/IPA/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan IPA) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain