Text
Skripsi : PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA - CD Skripsi
ABSTRAK
Rina Ekawati (2022), Pengaruh Kedisiplinan Belajar, Pola Asuh Orang Tua dan
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Semarang.
Pendidikan Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar,
pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika
siswa.
Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh kedisiplinan belajar, pola
asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Kedisiplinan belajar, pola asuh orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar
matematika saling memiliki keterkaitan yaitu ketika siswa memiliki kedisplinan
belajar dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika khususnya, maka
siswa akan meraih prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) mengetahui pengaruh pola asuh
orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) mengetahui pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, (4) mengetahui
pengaruh kedisiplinan belajar, pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Populasi
berjumlah 58 siswa, dalam penentuan smapel penelitian menggunakan rumus
slovin diperoleh 49 siswa sebagai sampel. Data diperoleh dengan angket, tes,
dokumentasi dna analisis data yang digunakan analisis regresi, Uji F.
Hasil penelitian ini adalah (1) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika siswa, (2) pola asuh orang tua berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika siswa, (3) motivasi belajar berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika siswa, (4) kedisiplinan belajar, pola asuh orang tua
dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa
terbukti Fhitung > Ftabel (38,992>2,81).
Kata kunci: Kedisiplinan belajar, pola asuh orang tua, motivasi belajar, prestasi
belajar matematika
003/MAT/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Matematika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain