Text
Skripsi : PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LUAS PERMUKAAN BENDA PUTAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY PADA GEOGEBRA - CD Skripsi
Abstrak
Bahan ajar ialah salah satu komponen sangat berarti dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang cocok dengan
kebutuhan siswa bisa menunjang pembelajaran jadi lebih menarik dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan bahan ajar matematika menggunakan augmented reality pada geogebra yang valid dan praktis.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian
pengembangan 4D, namun pada penelitian ini hanya sampai 3 tahap yakni pendefinisian (Define), perancangan
(Design), dan pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar meliputi
lembar validasi oleh dosen mata kuliah workshop pendidikan matematika dan guru mata pelajaran matematika
menunjukan bahwa bahan ajar ini valid dengan skor rata-rata Dari hasil penelitian diperoleh bahan ajar matematika
luas permukaan benda putar menggunakan augmented reality pada geogebra adalah valid dan praktis. Rata-rata
perolehan validasi ahli adalah 3,65, artinya perolehan skor rata-rata bvalidasi ahli berada pada kategori baik dan
sudah layak untuk diujikan. Berdasarkan hasil analisis angket respon dan wawancara langsung, dapat di simpulkan
bahwa bahan ajar tersebut membantu siswa dalam mempelajari materi karena dinilai mudah dipahami dan menuntun
siswa untuk menemukan penyelesaian soal dengan menggunakan geogebra.
Kata kunci: Bahan ajar, Augmented Reality, Geogebra, Luas Permukaan Benda Putar, Pengembangan
004/MAT/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Matematika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain