Text
Skripsi : PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS CHAMILO SEBAGAI MEDIA PELAKSANAAN BLANDED LEARNING UNTUK MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN BTIK KELAS 10 DI SMAN 2 GARUT - CD Skripsi
ABSTRAK
Mutiara Tito Fitriantika (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Chamilo Sebagai
Media Pelaksanaan Blanded Learning Untuk Membantu Proses Pembelajaran BTIK
Kelas 10 di SMAN 2 Garut. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan
Teknologi. Universitas Ivet. 112 Halaman
Jika dilihat dari kondisi seperti sekarang ini yang dimana mengharuskan untuk
pembelajaran daring maka dengan menerapkan model pembelajaran blended learning akan
sangat membantu proses pembelajaran. Karena model pembelajaran blended learning ini
menggabungkan keunggulan dari model belajar konvensional dengan e-learning. Salah
satu media LMS yang bersifat open source yang menitikberatkan pada pembangunan
portal e-learning dengan mudah dan cepat adalah Chamilo. Dalam penelitian ini penulis
melakukan penelitian di SMA Negeri 2 Garut. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Wulan
Retnaasih,M.Pd. sebagai Guru Mata Pelajaran BTIK. Bahwa pembelajaran saat ini
mengalami beberapa kendala terkait waktu, ruang, media, sumber belajar dan hambatan
psikologi dalam diri siswa. Idealnya mata pelajaran BTIK, teori yang harus tersampaikan
sebanyak 30% dan praktik sebanyak 70%.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan e-learning berbasis Chamilo
sebagai pelaksanaan blanded learning untuk membantu proses pembelajaran BTIK kelas
10 di SMA Negeri 2 Garut. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran blended
learning berbasis chamilo di kelas X SMAN 2 Garut pada Mata Pelajaran BTIK.
Pendekatan penelitian yang digunakan kuantitaif. Pendekatan penelitian ini yaitu
pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Yang menjadi
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Garut. Dalam
pengambilan sampel, peneliti mengambil sampel acak sederhana, karena jumlah populasi
relatif banyak. Pada penelitian ini, yang bertindak sebagai variabel bebas adalah
pembuatan e-learning berbasis chamilo untuk membantu proses pembelajaran BTIK, yang
bertindak sebagai variabel terikat yaitu hasil pembelajaran mata pelajaran BTIK kelas X.
Wawancara dalam penelitian ini dilakukan dengan Ibu Wulan Retnaasih,M.Pd. sebagai
Guru Mata Pelajaran BTIK di SMA Negeri 2 Garut. Instrumen pengujian kelayakan sistem
e-learning menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran.
Dari pengujian kelayakan e-learning yang telah dilakukan dengan menggunakan
kuesioner USE Quistionnaire dari Arnold M.Lund mendapatkan hasil presentase
pencapaian yaitu 80,93%. Persentase tersebut apabila dikonversi ke dalam skala kualitatif
masuk dalam kategori Baik. Sistem e-learning sudah dapat menampilkan halaman
Homepage, Mycourse, , Personal Agenda, Reporting, Sosial Network, Learning Path, Test,
Anaouncements, Course descriptions dan tentang profil Sekolah.
Kata Kunci : E-learning, Chamilo, Blanded Learning
009/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain