Text
Skripsi : PENGEMBANGAN E-MODUL PEMROGRAMAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NU RAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG - CD Skripsi
ABSTRAK
Laelatus Sakdiyah, NPM. C3318110005. Pengembangan E-Modul
Pemrograman Dasar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X
Multimedia SMK NU Raudlatul Mu’allimin Wedung. Skripsi. Pendidikan
Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet, 2022. 64
Halaman.
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun terakhir ini
berkembang dengan pesat. Hal ini telah mengubah paradigma masyarakat
dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi terbatas. Hampir
seluruh komponen dalam pendidikan melibatkan teknologi. Teknologi
informasi saat ini pun, harus terintegrasi dalam semua mata pelajaran,
khususnya pada mata pelajaran pemrograman dasar. Masalah umum dalam
pendidikan di Indonesia adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Khususnya
di SMK NU Raudlatul Mu’allimin Wedung dalam pembelajaran, guru
menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa masih kurang menciptakan
suasana belajar supaya tidak monoton dan membosankan.
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Menghasilkan pemrograman dasar
untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X Multimedia SMK NU
Raudlatul Mu’allimin Wedung, 2). Mengetahui bagaimana mengembangkan
e-modul pemrograman dasar untuk siswa kelas X Multimedia SMK NU
Raudlatul Mu’allimin Wedung, 3). Mengetahui bagaimana kelayakan e-modul
pemrograman dasar untuk siswa kelas X Multimedia SMK NU Raudlatul
Mu’allimin Wedung, 4). Dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X
Multimedia di SMK NU Raudlatul Mu’allimin Wedung
Penelitian dan pengembangan menggunakan metode R&D (Research
and Development) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu dengan
tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sebjek
penelitian ini adalah kelas X Multimedia SMK NU Raudlatul Mu’allimin
Wedung yang berjumlah 20 siswa. Data diperoleh dengan melakukan
wawancara, obsevasi, angket, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan
untuk menilai kelayakan e-modul pemrograman dasar dan respon siswa yaitu
menggunakan rumus skala likert.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan dari ahli media berjumlah 52
dengan presentase 94,54% artinya “Sangat layak”,dari ahli materi berjumlah
59 dengan persentase 98,33% artinya “Sangat layak”, dan responden 20 siswa
di dapatkan jumlah hasil nilai 1007 dengan rata-rata skor sebesar 91,54%
menyatakan bahwa e-modul pemrograman dasar “Sangat Layak” sebagai
media sumber belajar. Dapat disimpulkan bahwa e-modul Pemrograman
Dasar Berbasis Android untuk Kelas X SMK NU Raudlatul Mu’allimin
Wedung adalah valid dan efektif untuk digunakan.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul Pemrograman Dasar, Minat Belajar
012/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain