Text
Skripsi : IMPLEMENTASI E-SURVEY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI WILAYAH KOTA SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Anindya Puspita (2022). Implementasi E-Survey Dalam Peningkatan Kualitas
Pelayanan Publik Di Wilayah Kota Semarang. Skripsi. Pendidikan
Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 73 Halaman.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era
globalisasi, Polri telah mengembangkan berbagai macam program pelayanan
kepolisian berbasis teknologi dengan menggunakan internet yang diharapkan
mampu menghilangkan pemberitaan buruk terhadap Polri. Dunia kepolisian
Indonesia telah banyak mengubah sistem konvensional menjadi ke arah modern
dengan mengedepankan penggunaan teknologi. Dengan adanya perubahan sistem
teknologi modern dalam survey, masyarakat belum mengerti bagaimana tata
urutan dalam pengisian E-Survey. Dibutuhkan implementasi E-Survey dalam hal
ini untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan modern ini
dalam peningkatan kualitas layanan publik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa
implementasi E-Survey dalam peningkatan pelayanan publik di wilayah Kota
Semarang. (2) Untuk mengetahui dan menguraikan mekanisme E-Survey dalam
peningkatan pelayanan publik di wilayah Kota Semarang. (3) Untuk menjabarkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan E-Survey dalam peningkatan
pelayanan publik publik di wilayah Kota Semarang.
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif. Pendekatan penelitian ini
yaitu pengumpulan informasi secara acak dengan mengunakan metode survei dan
wawancara. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat
wilayah Kota Semarang. Dalam pengambilan sampel, peneliti mengambil sampel
acak sederhana, karena jumlah populasi relatif banyak. Pada penelitian ini peulis
mengungkapkan fakta yang ada dilapangan serta memberikan gambaran tentang
E-Survey dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi E-Survey
guna meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat di wilayah Kota Semarang
belum berjalan dengan maksimal karena belum dapat menyetarakan dengan
konvesional. (2) Mekanisme E-Survey oleh Ditsamapta Polda Jateng sudah sesuai
dengan SOP dan sudah terinci dengan baik. (3) Terdapat faktor yang menghambat
serta mendukung dalam pelaksanaan pengisian E-Survey.
Kata Kunci: Implementasi, E-Survey, Peningkatan Kualitas, Pelayanan Publik
014/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain