Text
Skripsi : PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TEKNIK KOMPUTER JARINGAN - CD Skripsi
ABSTRAK
Hema Andar Prasasti (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil
Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Boja pada Mata Pelajaran Produktif Teknik
Komputer Jaringan. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan
Teknologi. Universitas Ivet. 78 halaman.
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran dilakukan secara
online dengan menggunakan perangkat elektronik. Namun, pembelajaran secara
online pada SMK Muhammadiyah 2 Boja kurang efektif karena proses
penyampaian materi oleh guru kurang maksimal sehingga pemahaman siswa tidak
merata terutama pada pelajaran praktikum yang dilakukan online. Faktor internal
dan eksternal siswa juga mempengaruhi hasil belajar online siswa sehingga peneliti
tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring
dengan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online
terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui persentase besarnya pengaruh
pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa kelas kelas XI SMK
Muhammadiyah Boja.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
SMK Muhammadiyah Boja sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI SMK
Muhammadiyah Boja. Pengujian yang dilakukan adalah uji linieritas, regresi linier,
uji f anova, uji t parsial, dan uji determinasi. Variabel yang diuji adalah
pembelajaran online sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel
dependen.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang di lakukan adalah berdasarkan uji
linieritas diperoleh hasil bahwa data bebas dari gejala linieritas. Sedangkan uji
regresi linier diperoleh persamaan 89,374-0,298X + e yang menunjukkan bahwa
pembelajaran online memberikan pengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa. uji
hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap
hasil belajar secara bersama-sama dan secara parsial. Besarnya pengaruh
pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari hasil uji determinasi
yaitu sebesar 46,2%.
Kata kunci: pembelajaran online, regresi linier, hasil belajar.
017/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain