Text
Skripsi : PENERAPAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI TKJ SMK BINA UTAMA KENDAL - CD SKripsi
ABSTRAK
Muhamad Taufiq (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan
Keaktifan dan Motivasi Belajar Kelas XI TKJ SMK BINA UTAMA
KENDAL. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains dan Teknologi.
Universitas Ivet. 56 Halaman.
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya
manusia yang unggul, sehingga mampu bersaing di tengah tantangan globalisasi
yang berkembang semakin pesat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka
diperlukan sistem penyelenggaraan pendidikan yang baik. Khususnya di SMK
Bina Utama Kendal. selama proses pembelajaran langsung belum optimal, siswa
cenderung pasif dan hanya menerima saja tidak ada umpan balik. siswa kurang
memperhatikan jika guru memberikan materi dan soal. kurangnya minat siswa
dalam belajar akan mempengaruhi motifasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan keaktifan belajar peserta
didik kelas XI TKJ SMK BINA UTAMA KENDAL melalui penerapan aplikasi
Kahoot. (2) Meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI TKJ SMK
BINA UTAMA KENDAL melalui penerapan aplikasi Kahoot.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh
berupa angka-angka dan pengolahannya menggunakan metode statistik yang
digunakan lalu diinterpretasikan. Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Utama
Kendal dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TKJ. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket.
Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan suatu produk media
pembelajaran dan respon siswa yaitu menggunakan skala Likert
Dari pengujian kelayakan yang telah dilakukan dengan menggunakan
kuesioner USE Quistionnaire dari Arnold M.Lund mendapatkan hasil presentase
pencapaian yaitu 82,43% angket presentase motivasi belajar, 76,26% keaktifan
belajar, 72,53% aplikasi kahoot. Persentase tersebut apabila dikonversi ke dalam
skala kualitatif masuk dalam kategori Baik.
Kata Kunci : Kahoot, Keaktifan Belajar, Motivasi Belajar
015/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain