Text
Skripsi : PENGARUH GOOGLE CLASSROOM DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA KELAS X TKJ DI SMK PEMBNAS PURWODADI) - CD Skripsi
ABSTRAK
Ade Lia Al Rahmah (2021). Pengaruh Google classroom dan Kinerja Guru
terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
(Studi Kasus pada Kelas X TKJ di SMK Pembnas Purwodadi). Skripsi. PTIK.
Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet. 64 halaman.
Motivasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, karena dengan adanya
motivasi belajar yang baik akan menunjukkan hasil yang baik. terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhi motivasi belajar, yakni media dalam proses pembelajaran dan
kinerja guru yang dapat memberikan motivasi belajar siswa. Google classroom
merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara
online dan kinerja guru yang baik akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh penggunaan
google clasroom terhadap motivasi belajar siswa di kelas X TKJ SMK Pembangunan
Nasional Purwodadi, (2) Menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap motivasi
belajar siswa kelas X TKJ SMK Pembangunan Nasional Purwodadi, (3) Menganalisis
motivasi siswa di kelas X TKJ SMK Pembangunan Nasional Purwodadi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penentuan sampel
Penelitian digunakan teknik Sampling Kuota adalah bagian dari teknik Nonprobability
Sampling yang akan menjadi batasan terhadap sampel untuk diteliti oleh peneliti.
Populasi sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa. Data di perorleh dengan angket.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas dan uji reliabilitas, uji
korelasi, uji linieritas, uji normalitas, uji regresi sederhana, uji T dan uji F. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik analsis SPSS ver.19 for Windows.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) google clasroom tidak
berpengaruh terhadap motivasi belajar, sesuai dengan hasil pengolahan data yang telah
menunjukan bahwa hasil dari uji T pada nilai beta yang menunjukan angka positif
yaitu 0,128 dengan nilai signifikan sebesar 0,292 yang menjelaskan bahwa nilai
signifikan tersebut diatas 0,05, (2) kinerja guru berpengaruh terhadap motivasi belajar,
sesuai dengan hasil pengolahan data yang telah menunjukan bahwa hasil dari uji T
pada nilai beta yang menunjukan angka positif yaitu 0,340 dengan nilai signifikan
0,04 yang menjelaskan bahwa nilai signifikan dibawah 0,05, (3) Penelitian ini
menjelaskan bahwa nilai R square adalah 0,133 atau 13,3%, artinya bahwa besaran
pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 13,3% dan besaran pengaruh
lain di luar Google classroom dan Kinerja Guru yang mempengaruhi Motivasi Belajar
adalah sebesar 86,7% (diperoleh dari 100%-13,3%).
Kata kunci : Google classroom, Kinerja Guru, Motivasi Belajar
016/TIK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Pendidikan Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain