Text
Tugas Akhir : PENYEBAB TERJADINYA OVERHEAT PADA MESIN MITSUBISHI DIESEL ENGINE S6B - CD Tugas Akhir
ABSTRAK
Muhammad Febri Nugroho (2022). Penyebab Terjadinya Overheat
pada Mesin Mitsubitshi S6b. TUGAS AKHIR. Diploma 3. Fakultas
Kemaritiman. Universitas Ivet. 64 halaman.
Overheat adalah kondisi dimana mesin kapal mengalami panas yang
berlebihan. Pada umumnya, overheat terjadi pada kapal yang
mempunyai mesin dengan pendingin, namun tidak berfungsi secara
maksimal. Penyebab terjadinya overheat pada mesin diesel engine s6b
dikarenakan mengalami kebocoran pada radiator, pompa tidak dapat
berputar, Termostat tidak mau terbuka, kerusakan mesik pendingin.
Tujuan penelitian ini agar dalam melakukan Analisa kita tahu
penyebab terjadinya overhead dan melakukan perbaikan pada radiator
mesin sesuai dengan prosedur serta memperbaiki kemacetan yang terjadi
pada mesin tersebut. Pemanfaatan dalam penelitian ini sebagai acuan dalam
menyelesaikan masalah yang terjadi terjadinya pada mesin mitsubtshi diesel
engine s6b.
Metode yang mendiskripsikan komponen pada mesin pendingin
sesuai fungsi dari sistemnya, FTA (Fault Tree Analisis) analisis kegagalan
yang terjadi pada mesin mitsubitshi, dan FMEA (Failure mode effect
Analisis) yaitu identifikasi kegagalan pada setiap komponen mesin tersebut.
Kata kunci: overheat, Mesin, System, FBD, FTA, FMEA
003/TPK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Teknik Permesinan Kapal) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain