Text
Tugas Akhir : PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN MESIN INDUK KAPAL TB. REIGNMAS JAYA DENGAN METODE KUALITATIF FTA DAN FMEA -CD Tugas Akhir
ABSTRAK
Aveeza Riqyuansha (2022). Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin Mesin
Induk Kapal TB. Reignmas Jaya dengan Metode Kualitatif Fta dan Fmea.
TUGAS AKHIR. TMK. Fakultas Kemaritiman. Universitas Ivet. 84 halaman.
Sistem air tawar sangat berpengaruh terhadap operasional kerja mesin
induk. Maka perawatan dan perbaikan pada sistem induk diperlukan keterampilan
dan perawatan supaya kondisi mesin tetap prima dan bisa digunakan dengan baik.
Kerusakan dibutuhkan perawatan dan perhatian khusus secara rutin berkelanjutan
dengan pentingnya sistem dari air pendingin untuk menunjang operasional mesin
induk.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan memahami pengertian
sistem perawatan air pendingin mesin induk di Tug boat Rignmas Jaya PT.
Barokah marine (2) untuk mengetahui penyebab kerusakan sistem pendinginan air
tawar mesin induk di kapal Tug boat Rignmas Jaya (3) untuk mengetahui
kegagalan dan kinerja mesin pada sistem pendingin (4) untuk mengetahui cara
perawatan dan perbaikan dari sistem air pendingin di kapal Tug Boat Rignmas
Jaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Data diperoleh
dengan melakukan observasi secara langsung dan wawancara dengan narasumber.
Metode pennelitian ini menggunakan metode FBD, FTA dan FMEA.
Hasil penelitian ini adalah (1) Akibat yang ditimbulkan dari kurangnya
perawatan mesin pendingin air tawar adalah gagalnya sistem pendingin pada fresh
water cooler yang mengalami masalah sehingga dijelaskan dengan skema untuk
mengetahui urutan sistem pendingin (3) Berdasarkan metode FTA(failure tree
analysis) ditemukan beberapa komponen yang mengalami mengakibatkan
menurunnya sistem kerja pendingin (2) Untuk mengetahui proses kerja sistem
pendingin tertutup dengan menggunakan metode FBD (fungsional block diagram)
sehingga dapat kerusakan dan gagalnya suatu komponen pada sistem pendingin
tertutup. Komponen tersebut yaitu (a) FWC mengalami bocor dan temperature
rendah (b) pompa air bocor dan sheal aus (c) tangki exspansi bocor, korosi dan
kerak (d) pipa air retak dan sambungan las bocor (e) valve sheal aus (f) saringan
tersumbat dan korosi (g) thermostat mengalami overheat dan tersumbat (4) Untuk
mengetahui gagalnya fungsi dari suatu komponen yaitu dengan perawatan dan
perbaikan sistem pendingin tertutup menggunakan metode tabel FMEA (failure
mode and effect analisis) (5) Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah di
laksanakan untuk mengetahui proses kerja sistem pendingin tertutup, gagalnya
suatu koponen-komponen, kerusakan serta perawatan dan perbaikan sistem
pendingin tertutup, maka langkah yang dapat di simpulkan oleh penulis ialah
dengan menggunakan metode FBD, FTA dan FMEA untuk menjelaskan semua
masalah yang ada secara detail.
Kata Kunci : Kegagalan, Perawatan, Perbaikan Sistem Pendingin Tertutup
004/TPK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Teknik Permesinan Kapal) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain