Text
Tugas Akhir : ANALISA KERUSAKAN SECARA KUALITATIF (FMEA) SISTEM PENDINGIN OLI PADA KAPAL KM. MITRA PAPUA - CD Tugas Akhir
ABSTRAKSI
Gerada Melly Blissinky I (2022). “Analisa Kerusakan Secara Kualitatif (FMEA)
Sistem Pendingin Oli Pada Kapal Km. Mitra Papua”. TUGAS AKHIR. Teknik
Permesinan Kapal. Fakultas Kemaritiman. Universitas Ivet. 79 halaman.
Sistem pendingin merupakan salah satu bagian yang penting dalam
pengoperasian mesin induk kapal, hal itu dikarenakan sistem ini sendiri bekerja
untuk mendinginkan masin induk kapal yang bertujuan agar tidak mengalami
panas yang berlebih atau yang biasa di sebut dengan sebutan overheat.
Beberapa kerusakan atau kegagalan akan tibul pada sistem pendingin ini,
apa bila tidak ada perhatian khusus baik itu pengecekan, perawatan,
pembongkaran, maupun penggantian bagian-bagian yang dinilai sudah seharusnya
mendapan penggantian. Sebab semua hal-hal tersebut dapat memberikan
pengaruh terhadap jalannya sistem ini.
Didalam sistem pendingin sendiri memiliki beberapa komponenkomponen penting yang perlu diperhatikan dalam perawatannya hal ini bertujuan
agar saat sistem sedang bekerja atau berjalan dapat memberikan hasil yang
maksimal.
Ada beberapa metode untuk mengetahui apakah dalam sistem tersebut
mengalami kerusakan atau kegagalan dan bagaimanakan cara untuk mengatasi
suatu kerusakan atau kegagalan tersebut, metode itu yaitu Fault Tree Analysis
(FTA) atau bisa di sebut dengan pohon kegagalan, dan Failure Mode and Effects
Analysis (FMEA). Kedua metode ini cukup membantu untuk mencari tau letak
kerusakan atau kegagalan pada suatu kasus/bidang/sistem.
Kata kunci: Sistem pendingin, kerusakan atau kegagalan, perawatan
006/TPK/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (Teknik Permesinan Kapal) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain