1,685 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,003 1,685 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (5α%) 0,000 < 0,05. (3) Pembelajaran jarak jauh dan Literasi Digital berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa semester II Prodi PVTM Universitas Ivet semarang pada mata kuliah Teknik Pengukuran Otomotif, terbukti Fhitung lebih besar dari Ftabel 49,638 > 3,23 dan nilai signifikan F lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,000 < 0,05. yang mana menunjukan Ho tidak diterima dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis secara determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R square Pembelajaran Jarak Jauh (X1) dan Literasi Digital (X2) sebesar 0,703 atau 70,3% yang artinya variasi Hasil Belajar mahasiswa dapat dijelaskan/dipengaruhi oleh variabel Pembelajaran Jarak Jauh dan variabel Literasi Digital sebesar 70,3% sedangkan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model pengujian data. Kata kunci : pembelajaran jarak jauh, literasi digital, dan hasil belajar" />