1,685 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,003 1,685 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (5α%) 0,000 < 0,05. (3) Pembelajaran jarak jauh dan Literasi Digital berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa semester II Prodi PVTM Universitas Ivet semarang pada mata kuliah Teknik Pengukuran Otomotif, terbukti Fhitung lebih besar dari Ftabel 49,638 > 3,23 dan nilai signifikan F lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,000 < 0,05. yang mana menunjukan Ho tidak diterima dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis secara determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R square Pembelajaran Jarak Jauh (X1) dan Literasi Digital (X2) sebesar 0,703 atau 70,3% yang artinya variasi Hasil Belajar mahasiswa dapat dijelaskan/dipengaruhi oleh variabel Pembelajaran Jarak Jauh dan variabel Literasi Digital sebesar 70,3% sedangkan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model pengujian data. Kata kunci : pembelajaran jarak jauh, literasi digital, dan hasil belajar" />
Text
Skrips : PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK PENGUKURAN OTOMOTIF - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhammad Agus Ma'ruf (2022), "Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan
Literasi Digital terhadap Hasil Belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknik
Pengukuran Otomotif". Skripsi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif
Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ivet Semarang.
Sesuai dengan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang dikeluarkan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pelaksanaan kebijakan
pendidikan dalam masa darurat Covid-19, yang dijelaskan bahwa proses belajar
dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Dengan di
terapkannya perkuliahan jarak jauh secara daring yang dilaksanakan agar proses
belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Situasi saat ini menjadi
sebuah tantangan untuk mahasiswa, dimana metode pembelajaran klasikal
digantikan dengan sistem digital yang tidak dibatasi ruang dan waktu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh
Pembelajaran Jarak Jauh (X1) dan Literasi Digital (X2) terhadap Hasil Belajar (Y)
mahasiswa pada mata kuliah Teknik Pengukuran Otomotif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatf dan digologkan
penelitian ex post facto. Populasi adalah mahasiswa Semester II Prodi PVTM
Universitas Ivet Semarang sebanyak 42 mahasiswa yanng mengacu pada
Suharshimi Arikunto (1996) apabila subyek kurang dari 100, maka lebih baik
diambil semua sehingga penelitianya merupakan penelitian populasi. Teknik
pengumpulan data menggunakan tengknik angket atau kuesioner dan teknik
dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh dari correlation product moment.
Teknik analisis data menggunakan uji t, uji F dan analisis regresi yang
sebelumnya dilakukan uji persyaratan anallisis.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran Jarak Jauh berpengaruh terhadap
Hasil Belajar mahasiswa semester II Prodi PVTM Universitas Ivet semarang pada
mata kuliah Teknik Pengukuran Otomotif, terbukti nilai Thitung lebih besar dari
Ttabel 3,118 > 1,685 dan nilai signifikan T lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,003 <
0,05. (2) Literasi digital berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa semester
II Prodi PVTM Universitas Ivet semarang pada mata kuliah Teknik Pengukuran
Otomotif, terbukti nilai Thitung lebih besar dari Ttabel 5,101 > 1,685 dan nilai
signifikan T lebih kecil dari 0,05 (5α%) 0,000 < 0,05. (3) Pembelajaran jarak jauh
dan Literasi Digital berpengaruh terhadap Hasil Belajar mahasiswa semester II
Prodi PVTM Universitas Ivet semarang pada mata kuliah Teknik Pengukuran
Otomotif, terbukti Fhitung lebih besar dari Ftabel 49,638 > 3,23 dan nilai
signifikan F lebih kecil dari 0,05 (α5%) 0,000 < 0,05. yang mana menunjukan Ho
tidak diterima dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis secara determinasi menunjukan
bahwa nilai Adjusted R square Pembelajaran Jarak Jauh (X1) dan Literasi Digital
(X2) sebesar 0,703 atau 70,3% yang artinya variasi Hasil Belajar mahasiswa dapat
dijelaskan/dipengaruhi oleh variabel Pembelajaran Jarak Jauh dan variabel
Literasi Digital sebesar 70,3% sedangkan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel
lain yang berada diluar model pengujian data.
Kata kunci : pembelajaran jarak jauh, literasi digital, dan hasil belajar
001/PVTM/PUS/II/2022 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain