Text
Skripsi : PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL BIDANG OTOMOTIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN (PVTM) UNIVERSITAS IVET - CD Skripsi
ABSTRAK
Muhammad Rafi Mahardika (2022). ” Pengaruh Pengenalan Lapangan
Persekolahan (PLP) Dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif
Terhadap Minat Menjadi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik
Mesin (PVTM) Universitas Ivet.” Skripsi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
fakutas Sains dan Teknonologi Universitas Ivet Semarang.
Di Universitas Ivet Semarang pada mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik
Mesin Otomotif setelah melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
masih ada mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) yang masih
kurang memahami kompetensi profesional di bidang otomotif dan mahasiswa yang
kurang berminat menjadi guru.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis
pengaruh dari Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap minat menjadi
guru pada mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas
Ivet, 2) Untuk menganalisis pengaruh dari Tingkat Kompetensi Profesional Bidang
Otomotif terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Vokasional
Teknik Mesin (PVTM) Universitas Ivet, 3) Untuk menganalisis pengaruh
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Tingkat Kompetensi Profesional
Bidang Otomotif secara simultan/bersama terhadap minat menjadi guru pada
mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Ivet.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis
penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian ex post facto, populasi adalah
mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Ivet
Semarang. Sedangkan sempel yang digunakan sebanyak 54 mahasiswa. Hasil uji
hipotesis menunjukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,702 dan nilai signifikansi F
sebesar 0,006. Dengan menggunakan k; n-k , 52 (54-2) diperoleh nilai Ftabel 3,18.
Dari hasil tersebut nilai Fhitung 5,702 lebih besar dari Ftabel 3,18 dan nilai signifikasi
F sebesar 0,006 lebih rendah dari 0,05 (α=5%) yang menunjukan Ho ditolak dan
Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh pengenalan
lapangan persekolahan (PLP) (X1) dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang
Otomotif (X2) terhadap minat menjadi guru bagi mahasiswa Pendidikan
Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Ivet Semarang dapat diterima.
Berdasarkan hasil determinan diperoleh nilai R square sebesar 18,3%.
Kata kunci : Pengenalan Lapangan Persekolahan, Tingkat Kompetensi Profesional
Bidang Otomotif, Minat Menjadi Guru
004/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain