Text
Skripsi : ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN KOIL RACING DAN BUSI RACING PADA KINERJAMOTOR 4 TAK 125CC STANDART TERHADAP TORSI, DAYA PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SPESIFIK - CD Skripsi
ABSTRAK
Naufal Fatahuddin Maharditya (C3218110039).Analisis Pengaruh Penggunaan
Koil Racing dan Busi Racing pada kinerja motor 4 tak 125cc standart terhadap
torsi, daya performa dan konsumsi bahan bakar spesifik.Universitas Ivet
Semarang.
Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk menguji Perbandingan antara
penggunaankoil, busi standard dan koil ,busi racing terhadap torsi mesin supra x
125 cc. Untuk menguji Perbandingan antara penggunaan koil, busi standard dan
koil , busi racing terhadap daya performa mesin supra x 125 cc. Untuk menguji
Perbandingan antara penggunaan koil , busi standard dan koil, busi racing
terhadap konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) (pertalite) pada mesin supra x
125 cc. Untuk mengetahui hasil dari penelitian yang berjudul analisis penggunaan
koil racing dan busi racing pada kinerja motor 4 tak 125cc standart terhadap
torsi,daya performa dan konsumsi bahan bakar spesifik. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen . Sampel penelitian yang digunakan adalah
sepeda motor 4 tak 125cc tahun 2012.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan 1) penggunaan koil racing busi
racing mempengaruhi pada hasil torsi (Nm) dari mesin. Hasil torsi pada motor 4
tak 125cc menggunakan koil standart busi standart 11,42 N.m pada putaran mesin
2000 rpm , penggunaan koil racing busi racing 10,46 N.m pada putaran mesin
2000 rpm ,koil standart busi racing 11,78 N.m , koil racing busi standart sebesar
11,73 N.m , penggunaan koil racing busi racing menurun 9% , koil standart busi
racing meningkat 3% tetapi tidak signifikan. 2) penggunaan koil racing busi
racing mempengaruhi pada hasil daya (hp) dari mesin. Hasil daya pada motor 4
tak 125cc menggunakan koil standart busi standart 1,23 Hp pada putaran mesin
8000 rpm , penggunaan koil racing busi racing 1,22 Hp pada putaran mesin 8000
rpm ,koil standart busi racing 1,24 Hp , koil racing busi standart sebesar 1,22 Hp
, penggunaan koil racing busi racing menurun 8% , koil standart busi racing
meningkat 8% tetapi tidak signifikan. 3) penggunaan koil racing busi racing
mempengaruhi pada hasil SFC dari mesin. Hasil SFC pada motor 4 tak 125cc
menggunakan koil standartbusi standart 1,26 Kg/kw-jam pada putaran mesin 8000
rpm , penggunaan koil racing busi racing 0,70 Kg/kW-jam pada putaran mesin
8000 rpm ,koil standart busi racing 1,24 Hp , koil racing busi standart sebesar
0,77 Kg/Kw- jam , SFC penggunaan koil racing busi racing lebih irit 8 % , SFC
koil standart busi racing lebih boros 2 % tetapi tidak signifikan.
Kata Kunci : Analisis Penggunaan Koil Racing Busi Racing Terhadap Torsi,Daya
dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik.
008/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain