Text
Skripsi : ANALISIS KESENJANGAN PELAKSANAAN PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN DITINJAU DARI STANDAR PROSES PENDIDIKAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PGRI KUWU - CD Skripsi
ABSTRAK
Yusuf Mukhlisin, NPM. C3217210113. Analisis Kesenjangan Pelaksanaan
Program SMK Pusat Keunggulan Ditinjau dari Standar Proses Pendidikan
Kompetensi Kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu. Skripsi PVTMO.
Fakultas Pendidikan Sains dan Teknologi. Universitas IVET Semarang, 136
Halaman.
Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan program SMK Pusat
Keunggulan ditinjau dari standar proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik
Otomotif SMK PGRI Kuwu. 2)Menganalisis seberapa tingkat kesenjangannya dan
merancang bagaimana solusi permasalahan terkait kesenjangan pelaksanan standar
proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu.
Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian
atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti
(Kountur, 2005) dengan metode pre-experimental design. Penelitian ini difokuskan
1)Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang diterapkan pada
kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu
memenuhi capaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan
pembelajaran yang dilaksanakan pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di
SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu berpusat pada peserta didik. 3) Penilaian
proses pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diharapkan mampu
meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kompetensi kejuruan Teknik
Otomotif di SMK PGRI Kuwu.
Hasil Penelitian ini adalah, 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan guru menunjukkan bahwa perencanaannya adalah sangat baik. Hal ini
ditunjukkan dengan skor nilai rata-rata 4,42 dengan kategori sangat baik. 2) hasil
analisis data pelaksanaan proses pembelajaran dengan responden guru
menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran termasuk kedalam kategori
sangat baik dengan skor nilai 4,47. 3) Penilaian hasil belajar menunjukkan skor nilai
rata-rata 4,53 dengan kategori sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
penilaian hasil belajar sudah sesuai dengan Permendikbud No 81a tentang
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Kata Kunci : Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Proses
Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar
010/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain