Text
Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDIAGNOSIS KERUSAKAN SISTEM REM KONVENSIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS XII TKR SMK NU 1 SLAWI - CD Skripsi
ABSTRAK
M. Nur Fakih. Peningkatan Hasil Belajar Mendiagnosis Kerusakan Sistem Rem
Konvensional Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Dengan Media Video Di Kelas XII TKR SMK NU 1 Slawi. Skripsi Pendidikan Vokasional
Teknik Mesin. Fakultas SAINTEK Universitas IVET. 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan
pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan media video pada siswa kelas XII TKR SMK
NU 1 Slawi, 2) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dengan pembelajaran
berbasis masalah (PBL) dengan media video pada siswa kelas XII TKR SMK NU 1 Slawi, 3)
Untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan dengan model pembelajaran
berbasis masalah (PBL) dengan media video pada siswa kelas XII TKR SMK NU 1 Slawi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan kelas ini adala siswa kelas XII TKR SMK NU 1
Slawitahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 38 siswa diantaranya 36 laki-laki 2
perempuan. Aspek yang diteliti meliputiaktivitas siswa yang menunjukan motivasi belajar
siswa dan tindakan pembelajaran yang ditujukan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan
pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik
deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis kualitatif untuk mencari persentase ratarata hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklus. Hal
ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rat-rata dari pra siklus dengan persentase 29%
berkategori kurang, naik menjadi 58% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus
II yaitu sebesar 87%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran
dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berdasarkan persentase siswa yang
memenuhi standar kompetensi pada pra siklus 29%, pada siklus I meningkat sebesar 58%
naik menjadi 87% pada siklus II.
Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), media video, hasil belajar
012/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain