Text
Skripsi : PENGARUH TEACHING FACTORY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KOMPETENSI KEAHLIHAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI TRUCUK - CD Skripsi
ABSTRAK
AKHMAD AKOMADDIN NPM : 3219120009 “Pengaruh Teaching Factory
Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata
Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kompetensi
Keahlihan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri Trucuk”.
Semarang 2022. Pendidkan Vokasional Teknik Mesin. Fakultas Sain dan
Teknologi. Universitas Ivet Semarang. 108 Halaman.
Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK Negeri Trucuk
yaitu : 1) Teaching Factory di SMK Negeri Trucuk yang bergerak dibidang jasa
terutama pada service kendaraan bermotor. 2) Gaya belajar yang di terapkan di
SMK Negeri trucuk yang sesuai denagan Teaching Factory yaitu dengan cara
siswa di kasih teori terkait kelistrikan otomotif dengan dijelaskan oleh guru
setelah itu praktek dengan ada 1 mekanik ahli dan ada 2 siswa yang mengikuti.
Dua faktor diatas yang mempengaruhi prestasi belajar khususnya pada mata
pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh antara
teaching factory terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran
pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan 2) Untuk menganalisis pengaruh antara
gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran
pemeliharaan kelistrikan ringan 3) Untuk menganalisis pengaruh antara teaching
factory dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata
pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
asosiatif yang bersifat ex post facto. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan angket. Populasi sebanyak 59 siswa. Pengujian yang digunakan
adalah uji Validitas dan uji Reliabilitas. Uji persyaratan analisis dengan
menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas
dan uji heterokedasitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji
regresi sederhana, regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan
menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 24.0
Hasil analisis menunjukan Teaching Factory kategori sangat baik, gaya
belajar sangat baik, Prestasi belajar baik. Hasil uji t Teaching Factory Terhadpa
prestasi belajar nilai sig. Sebesar 0,001 di bawah 0,05 sehingga H1 diterima. Gaya
Belajar Terhadap prestasi belajar mempunyai nilai sig. Sebesar 0,001 lebih
rendah dari 0,05 sehingga H2 diterima. Ada pengaruh positif Teacing Factory dan
Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TKRO SMK Negeri
Trucuk. Uji f nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H4 diterima.
Berdasarkan hasil hitungan determinan diperoleh nilai r square sebesar 21,8%.
sedangkan sisanya yaitu 78,2% dipengaruhi variabel lain.
Kata Kunci : Teaching Faktory, Gaya belajar, Prestasi Belajar, Pemeliharaan
Kelistrikan Kendaraan Ringa
013/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain