Text
Skripsi : KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DI ERA PANDEMI TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPAIAN DI SMK NEGERI 3 BOJONEGORO - CD Skripsi
ABSTRAK
ACH. ROISUL MUKAROM. 3219120027. Korelasi Antara Perhatian Orang
Tua Dan Motivasi Belajar Di Era Pandemi Terhadapa Capaian Pembelajaran
Sistem Pengapian Di SMK Negeri 3 Bojonegoro. Skripsi. Semarang: Program
Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains Dan
Teknologi Universitas Ivet Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara
perhatian orang tua terhadap capaian pembelajaran sistem pengapian di smk negeri
3 bojonegoro, apakah terdapat Korelasi antara motivasi belajar di era pandemi
terhadap capaian pembelajaran sistem pengapian di smk negeri 3 bojonegoro. serta
apakah terdapat hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar di era
pandemi terhadap capaian pembelajaran sistem pengapian di smk negeri 3
bojonegoro. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Februari
2022 sampai bulan april 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuesioner, domuntasi, serta melakukan observasi dalam pengambilan data yang
sifatnya korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
SMK Negeri 3 Bojonegporpo berjumlah 101 siswa . Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 80 Siswa dengan menggunakan rumus slovin. data
variabel X1 (Perhatian Orang Tua) dan variabel X2 (Motivasi Belajar Di Era
Pandemi) serta variabel Y (Capaian Pembelajaran) adalah data primer yang didapat
dengan menyebar kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji
hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diketahui bahwa kedua variabel bebas yaitu perhatian orang tua dan motivasi belajar
di era pandemic secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif signifikan
terhadap capaian pembelajaran yang dilihat dari F hitung 20.971 > nilai F tabel 3.115.
Kemudian secara parsial variabel perhatian orang tua memiliki t hitung (4.014) > t
tabel (1991) dan motivasi belajar di etra pandemic memiliki t hitung (6.420) > t tabel
(1991) yang menyatakan signifikansi (thitung > ttabel) artinya masing-masing variabel
bebas yaitu perhatian orang tua memiliki hubungan yang posotif signifikan dengan
capaian pembelajaran serta motivasi belajar di era pandemi juga memiliki hubungan
yang positif signifikan dengan capaian pembelajaran. Berdasarkan uji koefisien
determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.336 yang artinya hubungan
variabel independen perhatian orang tua dan motivasi belajar di era pandemic dengan
variabel dependen capaian pembelajaran sebesar 33,6%.
Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Di Era Pandemi, Capaian
Pembelajaran
014/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain