Text
Skripsi : PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM PENERANGAN DAN PANEL INSTRUMEN PADA MESIN MOBIL MELALUI METODE PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA ENGINE STAND KELISTRIKAN BODY PADA SISWA KELAS XI TKRO 2 SMK NEGERI 1 WARUREJA KABUPATEN TEGAL - CD Skripsi
ABSTRAK
Didi Kristiawan Peningkatan Hasil Belajar Perawatan Sistem Penerangan dan Panel
Instrumen Pada Mesin Mobil Konvensional Melalui Metode Pembelajaran Berbasis
Masalah Dengan Media Engine Stand Kelistrikan Body Pada Siswa Kelas XI TKRO 2 SMK NEGERI 1 WARUREJA Kabupaten Tegal. Pendidikan Vokasional Teknik
Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ivet Semarang, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas
XI TKRO 2 SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal (2) peningkatkan keaktifan
belajar siswa kelas XI TKRO 2 SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal (3)
penerapan metode Peningkatan perawatan sistem penerangan dan panel instrumen
pada mesin mobil konvensional dengan metode pembelajaran dengan media engine
stand kelistrikan body oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas
XI TKRO 2 SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal yang berjumlah 36 siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyampaian materi dan
observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis dalam penelian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh
siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi pemeliharaan sistem
penerangan menggunakan metode penyampaian materi dan praktek perawatan sistem
penerangan pada mesin mobil konvensional dengan metode pembelajaran dengan
media engine stand kelistrikan body kepada kelas XI TKRO 2 SMK Negeri 1
Warureja Kabupaten Tegal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I
ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 30.56% menjadi 88.89%.
Guru mendekati siswa yang belum dan kurang aktif untuk di berikan arahan supaya
lebih aktif baik mendengar, menanya dan menanggapi untuk lebih memahami materi
yang di sampaikan oleh kelompok lain. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa
penggunaan metode penyampaian materi dan praktek dengan media engine stand
kelistrikan body dapat meningkatkan hasil belajar pemeliharaan sistem penerangan
mobil konvensional siswa kelas XI TKRO 2 SMK Negeri 1 Warureja Kabupaten
Tegal.
Kata kunci : hasil belajar sistem penerangan mobil konvensional dengan metode
pembelajaran berbasis masalah.
015/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain