Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI INJEKTOR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK 110 CC - CD Skripsi
ABSTRAK
SHOFIYULLOH, NPM C3217110066, “Pengaruh Penggunaan Variasi Injektor
Terhadap Performa dan emisi gas buang Pada Sepeda Motor 4 Tak 110 cc”,
Semarang, Skripsi, Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan
Teknologi, Universitas IVET Semarang, 2021, 92 halaman
Tujuan pada penelitian ini adalah 1). Menganalisis pengaruh variasi injektor
terhadap performa motor injeksi honda Vario 110 cc fi 2). Menganalisis pengaruh
variasi injektor pada konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang motor injeksi
honda Vario 110 cc fi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitafif dan jenis
penelitian eksperimen untuk mengungkapkan informasi tentang perbandingan tiga
variasi injektor dan dengan satu bahan bakar pertamax terhadap performa,
konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang sepeda motor. Penelitian ini
dilaksanakan di Laboratorium Performance Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Otomotif Universitas IVET Semarang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini
adalah Sepeda motor injeksi Honda Vario 110 cc fi dipengaruhi dengan tiga
injektor (injektor standar 6 hole, injektor 8 hole dan injektor racing 10 hole. teknik
analisis data dengan deskriptif yang menganalisis tiga injektor (injektor standar 6
hole, injektor 8 hole dan injektor racing 10 hole, terhadap performa, konsumsi
bahan bakar dan emisi gas buang sepeda motor injeksi Honda Vario 110 cc.
Pengujian daya mengalami penurunan daya hasil injektor 8 hole (8 lubang)
dengan hasil 0,199 Hp pada RPM atau putaran mesin 4000 atau turun 2,45 % dan
10 hole (10 lubang) dengan hasil 0,184 pada RPM atau pada putaran mesin 4000
atau Turun sebesar 9,8 % dari injector standar
Pengujian Torsi mengalami penurunan untuk injektor 8 hole mengdapatkan
hasil 3,29 N,m pada RPM atau putaran mesin 1500 dan turun derastis menjadi
2,04 N,m pada 5000 RPM atau turun 26,6 % dan untuk injektor 10 hole hasil 4,42
N,m namun pada RPM tinggi mengalami penurunan yang sangat banyak yaitu
turun menjadi 1,15 N,m pada RPM atau putaran mesin 5000 atau turun sebesar 58
% dari injector standard
Pengujian SFC bahan bahan bakar mengalami kenaikan konsumsi yaitu pada
8
9
injector 8 hole mendapatkan hasil 0,5158 Hp.kg/jam dan mengalami peningkatan
konsumsi bahan bakar sebesar 7,6% dan injector 10 hole mendapatkan hasil
0,9377 Hp,kg/jam naik 118,5% sangat tidak efesien dalam konsumsi bahan bakar
dari hasil standar nya 0,4290 Hp.Kg/Jam
Pengujian emisi gas buang mendapatkan hasil pada injector 8 hole mengalami
kenaikan pada CO sebesar 4,53% atau naik 2,564% dari standard dan HC naik
menjadi 628 PPM atau naik 823% dari standard dan CO2 turun menjadi 2,4% atau
turun 45,4% dari standard sedangkan untuk untuk CO mengalami peningkatan
sebesar 4,60% atau naik 2.605 % dari standard dan HC naik menjadi 984 PPM
atau naik 1.347% dari standard dan mengalani penurunan CO2 yaitu pada 2,3%
atau turun 47,7% dari standard
Kata Kunci : Variasi injektor, Honda Vario 110 cc fi, performa mesin dan
konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang
016/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain