Text
Skripsi : KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AN NUR BANJAREJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Achmad Reza. NIM C3218110034. “Korelasi Motivasi Belajar Dan Lingkungan
Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada
Peserta Didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK An Nur Banjarejo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi
IVET Semarang, 2022.
Tujuan penelitian (1) untuk menganalisis korelasi antara motivasi belajar
terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada Peserta Didik Kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (2) untuk menganalisis korelasi
antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada
Peserta Didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (3)
untuk menganalisis korelasi antara motivasi belajar dan lingkungan belajar
terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada Peserta Didik Kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo
Penelitian ini dilakukan pada mei 2022 sampai dengan juni 2022 dengan
populasi 60 siswa, teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh atau
penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dan digolongkan
penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner
atau angket dan teknik dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh dari korelasi
product moment. Reliabilitas soal diperoleh dengan rumus alpha. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi ganda dan analisis korelasi parsial yang
sebelumnya dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas,
dan uji linieritas.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)
secara parsial ada korelasi positif dan signifikan antara motivasi belajar (X1)
terhadap prestasi belajar kelistrikan otomotif (Y); (2) secara parsial ada korelasi
positif dan signifikan antara lingkungan belajar (X2) terhadap prestasi belajar
kelistrian otomotif (Y); (3) secara simultan ada korelasi positif dan signifikan antara
motivasi belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) terhadap prestasi belajar
kelistrikan otomotif (Y).
Kata kunci: Motivasi belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajar
017/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain