Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI CAMSHAFT DAN ROLLER ROCKER ARM TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 200cc - CD Skripsi
ABSTRAK
Bima Indiyanto, NPM. C3218110108. Pengaruh Penggunaan Variasi Camshaft dan
Roller Rocker Arm Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4
Langkah 200cc. Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Sains dan Teknologi.
Universitas IVET Semarang. 2022.
Perkembangan teknologi transportasi yang pesat, mulai dari kendaraan
transportasi umum sampai kendaraan pribadi. Jenis kendaraan yang umum digunakan
yaitu sepeda motor. Seiring berjalannya waktu sepeda motor akan mengalami
penurunan performa karena kondisi part mesin yang mulai mengalami kerusakan,
oleh karena itu ada beberapa cara untuk membuat performa sepeda motor bisa
optimal lagi salah satunya yaitu dengan memodifikasi part mesin.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif untuk menungkapkan pengaruh tiga variasi camshaft terhadap performa
dan emisi gas buang pada mesin sepeda motor 4 langkah 200cc. Penelitian ini
dilaksanakan di Bengkel Laboratorium PVTM Universitas Ivet Semarang. Sampel
yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor Honda Tiger Revolution
200cc dengan variasi camshaft (Standar 209º, Modifikasi 1 267º, Modifikasi 2 254º)
dan roller rocker arm 20mm terhadap performa dan emisi gas buang mesin sepeda
motor 4 langkah 200cc.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa torsi pada camshaft modifikasi 1 dan
2 dengan roller rocker arm menunjukkan torsi diatas camshaft standar dengan
persentase 8% dan 7%. Hasil daya pada camshaft modifikasi 1 menunjukkan
kenaikkan sebesar 31% sedangkan pada camshaft modifikasi 2 menunjukkan
penurunan sebesar 51% dibanding camshaft standar. Nilai SFC yang dihasilkan
camshaft modifikasi 2 menunjukkan kenaikan sebesar 162% sedangkan pada
camshaft modifikasi 1 menunjukkan kenaikkan sebesar 58%. Camshaft modifikasi 1
menunjukkan kenaikkan CO sebesar 0,36% sedangkan camshaft modifikasi 2
menunjukkan kenaikkan sebesar 0,14%. Kandungan CO2 camshaft modifikasi 1
mengalami penurunan sebesar 0,26% sedangkan camshaft modifikasi 2 mengalami
penurunan sebesar 0,54%. Kandungan O2 pada camshaft modifikasi 1 mengalami
kenaikkan sebesar 0,05% sedangkan camshaft modifikasi 2 tidak mengalami
perubahan. Kandungan HC pada camshaft modifikasi 1 mengalami kenaikkan sebesar
110% sedangkan pada camshaft modifikasi 2 hanya mengalami kenaikkan sebesar
15% dibandingkan camshaft standar.
Kata Kunci : Camshaft, Rocker Arm, Performa, Emisi Gas Buang
020/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain