Text
Skripsi : PENINGKATAN KOMPETENSI KELISTRIKAN OTOMOTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII TBSM SMK MA’ARIF NU 01 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES - CD Skripsi
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (1) menganalisis
gambaran proses pembelajaran dan hasil belajar pemeliharaan kelistrikan sepeda motor pada saat
pandemic sebelum diterapkan model pembelajaran inqury, (2) menganalisis gambaran penerapan
dan hasil belajar dengan metode inqury pada saat pandemi, (3) menganalisis apakah penerapan
metode inqury training dapat meningkatkan kompetensi pemeliharaan kelistrikan sepeda motor
siswa kelas XII TBSM di SMK NU Ma’arif 01 Ketanggungan. Sampel penelitian sebanyak 34
siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif sepeda motor. Jenis pengumpulan data dilakukan
dengan cara tes pengetahuan dan ketrampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran
kondisi hasil belajar praktek siswa kelas XII TBSM 1 pada materi sebelumnya dapat dijelaskan
dari jumlah siswa (N) = 34, sebanyak 10 siswa atau 29,41% yang mencapai ketuntasan belajar
(mendapat nilai >75,00), rata-rata = 68,53, nilai terendah = 54 dan nilai tertinggi = 86. Setelah
menggunakan metode pembelajaran inqury dapat meningkatkan prestasi belajar praktik mata
pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor siswa kelas XII TBSM SMK Ma’arif NU
Ketanggungan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai praktik mata pelajaran
Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor kompetensi kejuruan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
kelas XII TBSM 1 yaitu nilai rata-rata prestasi belajar praktik mata pelajaran Pemeliharaan
Kelistrikan Sepeda Motor kelas XII TBSM 1 dengan nilai KKM 75 pada kondisi awal sebesar
68.53, pada siklus 1 sebesar 74.79 dan pada siklus 2 sebesar 84.44. Selain itu prosentase ketuntasan
belajar kelas tersebut meningkat dari kondisi awal sebesar 29.41 %, pada siklus 1 sebesar 58.82 %
dan pada siklus 2 sebesar 94.11%.
Kata Kunci : Inqury Based Learning, Kelistrikan Sepeda Motor, Kompetensi
021/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain