Text
Skripsi : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIP UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KOMPETENSI SISWA SESUAI STANDAR SKKNI PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG - CD Skripsi
ABSTRAK
Nicolaus Roy Dosantos Neno (C3217110073). Penerapan Model
Pembelajaran Cooperative Scrip Untuk Meningkatkan Capaian
Pembelajaran Dan Tingkat Kompetensi Siswa Sesuai Standar SKKNI
Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Kelas X SMK Muhammadiyah 2
Semarang. Skripsi. PVTMO. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Ivet. Pada pembelajaran di kelas tidak terlepas dari beberapa masalah
yang muncul. Salah salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil nilai kompetensi peserta didik. Sebagai contoh, pada mata pelajaran
sistem pengapian mobil kelas X TKR SMK Muhammadiyan 2 Semarang yang ditemukan sebesar 52.12% tidak tuntas ini dipengaruhi oleh
beberapa faktor diantaranya peserta didik masih banyak yang kurang
konsentrasi dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru, dan lebih banyak bercanda. Oleh karena itu penulis
tertarik untuk melakukan penelitian dengan metode Cooperative Scrip.
Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan upaya
meningkatkan hasil kompetensi sistem pengapian mobil kelas X TKR
SMK Muhammadiyan 2 Semarang sebanyak 31 peserta didik dengan metode pembelajaran Cooperative Scrip. Penelitian ini adalah peneilitian
tindakan kelas (PTK) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus.
Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: penilaian praktik, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Cooperative Scrip,
menunjukan hasil aktivitas praktik peserta didik pada siklus I sebesar
60.30% yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar
77.34%. Sedangkan untuk hasil kompetensi peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 60.40% dengan rata-rata nilai keseluruhan 74,51 yang kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 77.34% dengan
rata-rata nilai keseluruhan 93,06.
Hasil ini berarti bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran
Cooperative Scrip efektif dalam meningkatkan 87.63% hasil aktivitas praktik peserta didik dan hasil kompetensi praktik peserta didik mata pelajaran pengapian mobil kelas X TKR SMK Muhammadiyan 2
Semarang.
Kata Kunci: Hasil Kompetensi Siswa Sesuai Standar SKKNI, Metode
Pembelajaran Cooperative Scrip, Sistem pengapian mobil.
023/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain