Text
Skripsi : PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLATPEMELIHARAAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA SISWA KELASXII TEKNIK OTOMOTIF DI SMK AL ALIF BLORA - CD Skripsi
ABSTRAK
Petrik Hasan Basri (2022), “Pengaruh Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar
Terhadap Mata Diklat Pemeliharaan Kelistrikan Otomotif Pada Siswa XII TBSM
SMK Al Alif Blora”. Skripsi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif
Fakultas Sains dan Teknologi Universitas IVET Semarang.
DI SMK Al Alif Blora pada siswa program keahlian TBSM Dilihat dari prestasi
belajar peserta didik, ternyata prestasi belajar pada mata diklat listrik otomotif
termasuk rendah jika dibandingkan dengan mata diklat produktif yang lain. Tiga
standar kompetensi pada pemeliharaan kelistrikan otomotif mempunyai rata-rata
yang terendah yaitu melakukan perawatan, pemeliharaan dan pemeriksaan sistem
starter, melakukan perawatan, pemeliharaan dan pemeriksaan sistem pengapian,
melakukan perawatan, pemeliharaan dan pemeriksaan sistem pengisian. Adanya
program remedial yang diselenggarakan menjadi tolak ukur masih kurang baiknya
prestasi belajar siswa tersebut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa
prestasi belajar siswa tersebut kurang baik. Faktor penyebab itu dapat berasal dari
dalam diri siswa itu sendiri dan juga dapat berasal dari luar siswa. Salah satu
faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu gaya belajar. Setiap kegiatan
pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran
yang maksimal. Namun setiap individu peserta didik tidak hanya belajar
dengan kecepatan yang berbeda tetapi juga memproses informasi dengan cara
yang berbeda.
Metode penelitian yang dilakukan disini termasuk dalam jenis penelitian
kuantitatif, populasi adalah siswa kelas XII TBSM SMK Al Alif Blora sedangkan
uji yang digunakan sebanyak 33 siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa
nilai F Tabel 3,30 dan F hitung adalah 3,654. Dan hasilnya x1 dan x2 berpengaruh
terhadap Y
Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Mata Diklat Kelistrikan Otomotif
025/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain