Text
Skripsi : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI SISTEM KEPALA SILINDER 4 LANGKAH SEPEDA MOTOR BERSTANDAR SKKNI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN ALAT PERAGA / ENGINE STAND PADA SISWA KELAS XI TBSM 2 DI SMK KOSGORO 1 SRAGEN - CD Skripsi
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
implementasi pembelajaran generative learning berbasis animasi dan alat peraga
unit kepala silinder 4 langkah pada siswa kelas XI TBSM 2 di SMK Kosgoro 1
Sragen. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kompetensi kepala
silinder dengan indikator ketuntasan belajar klasikal 80%.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini ada 4 tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek peneletian ini adalah
siswa kelas XI TBSM 2 SMK Kosgoro 1 Sragen Tahun ajaran 2021/2022 dengan
jumlah responden 25 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus ,tiap
siklus terdiri dari 3 pertemuan, 1 pertemuan untuk pembelajaran secara teori
sedangkan 2 pertemuan untuk praktek. Langkah –langkah pelaksanaan model
pembelajaran generative learning yaitu memberikan tugas kepada siswa untuk
membaca materi pelajaran dan menggali informasi, membuat konsep berfikir dan
mendiskusikan dengan teman kelompok. Hasil belajar diukur dengan pre test saat
awal pertemuan dan post test saat akhir pertemuan ke 1 pada kompetensi diukur
saat siswa melakukan praktek keterampilan pada pertemuan 2 dan 3. Sedangkan
hasil penilaian sikap diukur saat siswa praktek meliputi aspek teliti, akurat dan
teliti .Kemudian hasil nilai sikap dirata-rata dengan jumlah seluruh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
dan kompetensi siswa. Kondisi pra siklus diperoleh 40% siswa tuntas dari 25
siswa. Kemudian setelah tindakan siklus I diperoleh hasil prestasi belajar 60 %
atau meningkat 20%. Sedangkan hasil kompetensi siswa pada siklus I diperoleh
64% siswa yang tuntas, untuk hasil penilaian sikap siswa pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 59, 3. Pada hasil siklus II hasil prestasi belajar diperoleh 80% siswa
tuntas, untuk hasil kompetensi diperoleh 84% siswa kompeten. Sedangkan untuk
nilai rata-rata sikap pada siklus II diperoleh 84,3.
Kata kunci : model pembelajaran Generative Learning, Pemeliharaan Mesin
Sepeda Motor, hasil belajar, hasil kompetensi, SKKNI, kepala silinder
029/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain