Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Skripsi : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI 
SISTEM KEPALA SILINDER 4 LANGKAH SEPEDA MOTOR 
BERSTANDAR SKKNI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL 
PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBASIS 
ANIMASI DAN ALAT PERAGA / ENGINE STAND PADA 
SISWA KELAS XI TBSM 2 DI SMK KOSGORO 1 SRAGEN - CD Skripsi

Text

Skripsi : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI SISTEM KEPALA SILINDER 4 LANGKAH SEPEDA MOTOR BERSTANDAR SKKNI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN ALAT PERAGA / ENGINE STAND PADA SISWA KELAS XI TBSM 2 DI SMK KOSGORO 1 SRAGEN - CD Skripsi

Samsuri, Dwi - Nama Orang;

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
implementasi pembelajaran generative learning berbasis animasi dan alat peraga
unit kepala silinder 4 langkah pada siswa kelas XI TBSM 2 di SMK Kosgoro 1
Sragen. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kompetensi kepala
silinder dengan indikator ketuntasan belajar klasikal 80%.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini ada 4 tahapan yakni
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek peneletian ini adalah
siswa kelas XI TBSM 2 SMK Kosgoro 1 Sragen Tahun ajaran 2021/2022 dengan
jumlah responden 25 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus ,tiap
siklus terdiri dari 3 pertemuan, 1 pertemuan untuk pembelajaran secara teori
sedangkan 2 pertemuan untuk praktek. Langkah –langkah pelaksanaan model
pembelajaran generative learning yaitu memberikan tugas kepada siswa untuk
membaca materi pelajaran dan menggali informasi, membuat konsep berfikir dan
mendiskusikan dengan teman kelompok. Hasil belajar diukur dengan pre test saat
awal pertemuan dan post test saat akhir pertemuan ke 1 pada kompetensi diukur
saat siswa melakukan praktek keterampilan pada pertemuan 2 dan 3. Sedangkan
hasil penilaian sikap diukur saat siswa praktek meliputi aspek teliti, akurat dan
teliti .Kemudian hasil nilai sikap dirata-rata dengan jumlah seluruh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
dan kompetensi siswa. Kondisi pra siklus diperoleh 40% siswa tuntas dari 25
siswa. Kemudian setelah tindakan siklus I diperoleh hasil prestasi belajar 60 %
atau meningkat 20%. Sedangkan hasil kompetensi siswa pada siklus I diperoleh
64% siswa yang tuntas, untuk hasil penilaian sikap siswa pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 59, 3. Pada hasil siklus II hasil prestasi belajar diperoleh 80% siswa
tuntas, untuk hasil kompetensi diperoleh 84% siswa kompeten. Sedangkan untuk
nilai rata-rata sikap pada siklus II diperoleh 84,3.
Kata kunci : model pembelajaran Generative Learning, Pemeliharaan Mesin
Sepeda Motor, hasil belajar, hasil kompetensi, SKKNI, kepala silinder


Ketersediaan
029/PVTM/PUS/II/2022378Perpustakaan Pusat (PVTMO)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
378
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
21x30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PVTM-O
029/PVTM/PUS/II/2022
Dwi Samsuri
C3218110118
Info Detail Spesifik
Hard cover skripsi berwarna merah – cd skripsi jurusan pendidikan vokasi teknik mesin-otomotif
Pernyataan Tanggungjawab
Dwi Samsuri
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI SISTEM KEPALA SILINDER 4 LANGKAH SEPEDA MOTOR BERSTANDAR SKKNI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBASIS ANIMASI DAN ALAT PERAGA / ENGINE STAND PADA SISWA KELAS XI TBSM 2 DI SMK KOSGOR
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik