Text
Skripsi : PENGARUH PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MELALUI MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) BERBANTUAN ALAT PERAGA DISERTAI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKS) PADA SUB POKOK BAHASAN PENGGUNAAN ALAT UKUR TERHADAP KOMPETENSI - CD Skripsi
ABSTRAK
ADIB SETIAWAN, NPM 3219120023, “Pengaruh Pendekatan Active Learning Melalui Model Predict, Observe, Explain (Poe) Berbantuan Alat Peraga
Disertai Lembar Kerja Peserta Didik (Lks) Pada Sub Pokok Bahasan
Penggunaan Alat Ukur Terhadap Kompetensi” Semarang, Skripsi, Pendidikan
Vokasi Teknik Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET,
2022, 262 halaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh
pendekatan active learning melalui model pembelajaran Predict, Observe,
Explain (POE) berbantu alat peraga disertai lembar kerja siswa (LKS) pada pokok
bahasan penggunaan alat ukur terhadap kompetensi. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian kuantitatif .
Berdasarkan hasil analisa data akhir diperoleh rata-rata hasil tes terhadap
kompetensi siswa untuk kelas eksperimen sebesar 75,78 dan rata-rata untuk kelas
kontrol sebesar 70,78. Pengujian hipotesis Ha dengan menggunakan uji-t pihak
kanan didapatkan thitung = 2,08, sedangkan ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan
H0ditolak karena thitung > ttabel. Sehingga ada perbedaan rata-rata pemberian
perlakuan. Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan uji-t pihak kanan adalah
pedekatan active learning melalui model pembelajaran Predict, Observe, Explain
(POE) berbantu alat peraga disertai lembar kerja siswa (LKS) pada pokok bahasan
penggunaan alat ukur berpengaruh terhadap kompetensi siswa
Kata kunci: kejuruan, pendidikan, otomotif, active learning, model
POE, LKS, alat peraga, alat ukur
034/PVTM/PUS/II/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain